Sunday, December 22, 2013

Happy Mother's Day!

Ia tidak pernah mengeluh.

Butir-butir keringat sebiji jagung yang ada di puncak kepala ketika mengandungmu. Tetes-tetes darah yang menggenang ketika melahirkanmu. Pertarungan antara hidup dan mati agar kamu dapat melihat dunia.


Ia tidak pernah mengeluh.


Mengajarimu berbagai ilmu baru yang belum pernah kau ketahui. Membantumu menjejakkan kaki, mengantarkanmu meraih mimpi. Memberikanmu pedoman untuk masa depan yang telah menunggumu nanti.


Ia tidak pernah mengeluh.


Bahkan ketika kamu mulai mendelik kepadanya. Bahkan ketika kamu mulai menunjukkan raut wajah kusut yang membuat Ia menaikkan alisnya. Bahkan ketika kamu mulai membentak atau ketika kamu membanting pintu di depan wajahnya.


Ia tidak pernah marah kepadamu.


Sekalipun kamu akan sangat kesal padanya karena tidak menuruti permintaanmu, ia tidak akan pernah marah kepadamu.


Ia tidak pernah membencimu.


Sekalipun kamu melakukan hal yang sebelumnya telah Ia larang. Sekalipun kamu berbohong dan tidak mengakui kesalahanmu. Sekalipun kamu melakukan hal yang paling hina sekalipun, ia tidak akan pernah membencimu.


Disaat orang lain mencibir kearahmu dan memandangmu seolah kamu adalah sampah, ia justru akan menghampirimu. Memelukmu dan mengucapkan kata-kata yang akan menenangkanmu. Melindungimu dari cercaan dan makian yang kamu dapatkan. Menghalangimu dari segala pandangan yang membuatmu ketakutan.


Ia menyayangimu dengan setulus hati.


Di matanya hanya ada keinginan agar kamu dapat bahagia. Bagaimana agar kamu, buah hatinya, darah dagingnya, bagian dari hidupnya, dapat tersenyum dan tertawa tanpa dusta.


Ialah pahlawan tanpa tanda jasa, bagimu dan hanya untukmu.


Ialah, ibumu.


Well...

Tulisan ini mungkin hanyalah sebagian kecil dari keseluruhan hal yang tidak bisa gue sampaikan secara langsung. Sejujurnya gue bukanlah orang yang bisa frontal dan bergengsi tinggi jadi lebih baik gue lampiaskan saja semuanya disini hehehe.

Gue menyadari gue masih jauh dari sebutan "anak yang baik". I've done so many mistakes to my parents and yet they've forgiven me endlessly. Gue tentu sangat berterimakasih kepada mereka karena telah menyanggupi berbagai keinginan gue, dari mulai dari gue kecil sampai sekarang. Dan gue tahu bahwa, mungkin apa yang gue lakukan terhadap mereka tidak akan sebanding dengan apa yang telah mereka lakukan buat gue. Gue pikir gue belum melakukan apapun yang membuat mereka bangga dan bahagia, sampai saat ini, sampai detik ini.

Karena itu, "Sayangilah orangtua selagi mereka masih ada." Kalimat itu juga mungkin berlaku bagi gue dan seluruh teman-teman gue dengan ortunya masing-masing.

Jadi, seperti judul diatas...

Happy Mother's day!