Friday, August 16, 2013

A Not So Fun Holiday dan Sedikit Ceramah

Assalamu'alaikum.

Udah lama juga gak nge-post disini. Sebelumnya, selamat lebaran semua! Udah telat sih emang, tapi biarin lah. Blog gue ini lagian, suka-suka gue dong *ditampolin*

So, how was your holiday? Jadi, gimana liburannya? Asik? Seru? Atau justru malah menyebalkan?

Well, libur lebaran kali ini menurut gue standar. Nggak ada yang heboh, nggak ada yang mewah. Nggak ada yang namanya perasaan nggak sabar dan 'looking forward' to something, kecuali tentu saja. untuk salam tempel dan makanannya. Liburan yang sama aja kayak liburan-liburan sebelumnya. Yang membedakan kali ini mungkin karena gue udah kelas 12. Tapi selain itu ya, biasa aja. Nothing's special, kecuali salam tempelnya (terus aja, dasar mata duitan).

Liburan menurut definisi gue memang berbeda dari definisi orang-orang kebanyakan. Kalo misalkan mereka jalan-jalan ke berbagai kota bersama keluarga, gue nggak.

Yah, nggak senaas itu juga sih sebenernya. Dulu pernah sekali, waktu kelas 4 SD liburan ke Bali sama Bokap, Nyokap dan Abang gue. Waktu itu pertama kalinya naik banana boat berempat. Rasanya udah girang banget. Kalo naik lagi sekarang mungkin gue masih sama noraknya kayak waktu itu.

Terus gue inget pas pada jatoh dari banana boat-nya. Gue berusaha untuk nggak jatoh dan gue berhasil. Gue pun bangga.
Tapi momen berbangga diri itu nggak bertahan lama karena ternyata Nyokap gue jatoh kecebur. Gue baru sadar pas nyokap neriakin. "Tolong! Tolong!" sambil megap-megap dari kejauhan.

Gue panik.

Gue tahu benar Nyokap nggak bisa berenang. Dulu Nyokap pernah belajar berenang di kolam renang komplek dan itu pun harus dibantu sama pelatihnya. Masalahnya, ini bukan kolam renang cetek di komplek yang tingginya cuma sepinggang orang dewasa. Ini laut teman-teman. Gue nggak mau nyokap gue tenggelam disini. Gue takut. Padahal waktu itu, jelas-jelas kita semua dikasihin pelampung. Tapi ya, entah karena gue masih anak-anak atau karena emang pikiran gue dari dulu jelek semua, gue nggak yakin pelampung itu bisa nahan beban Nyokap.

Gue inget waktu itu abang banana boat kemudian menyelamatkan Nyokap ke atas perahu motor, nyusulin gue, Bokap sama Abang gue yang udah naik perahu duluan. Gue masih inget gimana gue lega karena Nyokap selamat dan nggak jadi tenggelam. Gue juga masih inget rasa air laut yang dengan iseng dan penasarannya gue cobain di atas perahu motor yang ngebawa kita berempat kembali ke pantai--ternyata emang beneran asin (yaiyalah  -_-)

Lucu aja kalo dibilang, gimana momen yang dulu kita kira nggak terlalu penting dalam kehidupan kita bisa jadi suatu bagian yang justru paling kita ingat.

Dulu juga gue suka iri sama orang-orang yang mudik. Gue ngiri ngeliatin mereka pulang ke kampungnya masing-masing. Mungkin alasannya karena sejak dulu gue lahir dan menetap di Tangerang, jadi gue nggak pernah ngerasain yang namanya pulang kampung.

Pernah gue iseng ngeliat daftar absen temen SD, dan gue baru tau tempat lahir mereka ternyata macem-macem. Ada yang di Medan, Surabaya, Jogja bahkan ada yang di Singapur. Waw, Singapur men. Entah kenapa dulu gue selalu berpikir anak kelahiran luar kota itu lebih elit dari gue yang cuma kelahiran Tangerang, terutama yang di luar negeri. Keren aja gitu kan kalo ada orang yang nanya atau pas lu ngisi biodata, "Kamu lahir dimana?". Terus jawabnya, "Singapura".

Negara Singa yang bahkan sebagian besar orang belom pernah menjejakkan kaki diatasnya, sementara temen gue dengan cihuynya malah brojol disana. Lagi-lagi gue iri. Gue jadi sering ngebayangin gimana jadinya kalo gue lahir di tempat lain, di Jakarta mungkin, daftar absen gue pasti bakal keliatan sedikit lebih keren.

Sampe-sampe Abang gue (yang waktu itu juga masih SD) pernah ngegodain gue gara-gara gue ngebet banget pengen ke luar negeri. Dia bilang gini ke gue,

"Abang sebenernya udah pernah ke Arab loh, De,"

"Hah? Beneran?"

"Iya. Abis kan kata Mamah waktu hamil Abang, Mamah lagi di Arab."

"Lah, 'kan masih dalem perut, bukan pas Abang udah lahir.."

"Biarin. Yang penting 'kan waktu itu Abang bisa liat Arab dari udel Mamah."

"......"

Kalo dipikir lagi sekarang, ngapain juga gue ngambek setelah Abang gue bilang gitu. Kenapa juga gue iri sama temen gue yang lahir di Singapur dan kenapa juga gue iri sama hal-hal kecil semacam itu? Masih untung gue dilahirin ke dunia, lengkap tanpa kekurangan apapun. Wajar sih emang pas kita masih kecil. Masih polos, masih labil, masih banyak yang kita nggak ngerti. Tapi sadar atau nggak, sebagian dari kita masih membawa perasaan itu sampai dewasa: ngerasa kurang dari orang lain. Kadang-kadang kita seolah nggak pernah puas sama apa yang kita punya. Kalo kata pepatah mah, "Rumput tetangga selalu lebih hijau".

Padahal apa yang kita punya sekarang, belum tentu kita bisa rasain dan belum tentu orang lain bisa alamin nanti...

.........

Kenapa ujung-ujungnya gue jadi ceramah gini?