Saturday, June 29, 2013

MCountdown dan Segala Kegalauan Konser

Sekarang lagi jamannya konser Korea.

Gue pribadi sih, jujur aja, bukan Kpopers. Tapi kalo untuk lagu dan grupnya, gue tau beberapa. Karena lagu Kpop rata-rata emang lumayan dan enak buat joget. 

Dari sekitar gue kelas 2 SMP, gue suka banget sama yang namanya DBSK. Sekarang gue udah kelas 2 SMA, naik kelas 3. Silahkan hitung berapa lama gue ngefans sama mereka.

Nah, waktu itu masih jaman-jamannya fanwar masalah JYJ-HoMin. Jujur aja gue capek ngeliatin fandom sendiri. Kalo masih satu fandom aja fanwar mulu gimana sama fandom lain? Secara nggak sengaja gue lalu menemukan Shinhwa, yang kebetulan lagi comeback setelah 4 tahun hiatus. Akhirnya gue memutuskan untuk istirahat dulu dari fandom DBSK dan ngepoin Shinhwa. 
Kenapa harus Shinhwa? Gatau juga sih. Yang pasti waktu itu gue pengen kabur sebentar dari chaos fandom yang seolah nggak ada ujungnya. Awalnya sih iseng aja nyari-nyari video mereka, denger lagu mereka. Eh nggak taunya malah kebablasan. Gue jadi demen dan.. you definitely know the rest story right?

Singkatnya ya, gue jadi fans mereka. Dan di suatu sore, ceritanya gue abis pulang dari rumah temen. Biasalah abg, main, ngobrol ngalor-ngidul nggak jelas. Begitu sampe rumah isenglah gue buka twitter, dan guess what I found?

"SHINHWA will be the 1st artist to appear on MCountdown - Halo Indonesia"

Gue kaget. Gue yang hari itu nggak ada feeling apa-apa, yang baru pulang dari rumah temen abis main-main bego tanpa dosa cuma bisa membelalakkan mata.

"DEMI APA LO!?"

Yang pertama kepikiran di kepala adalah izin. Gue udah pernah nyoba pas JYJ mau konser dan Jaejoong mau dateng fanmeet kesini. Hasilnya: total fail, gue nggak dibolehin. Waktu JYJ, alhamdulillah sekali konsernya dibatalkan gara-gara ada masalah sama promotor. Gue baca tweet-tweet orang katanya duit mereka setengahnya belum di refund alias dibawa kabur. Gue geleng-geleng kepala. Gue seneng JYJ nggak jadi dateng dan gue juga seneng karena gue nggak jadi galau nangis-nangisan pas hari-H gara-gara nggak bisa nonton oppa tercinta, tapi gue nggak seneng karena promotor itu bawa kabur duit orang. Nggak tanggung jawab banget sih, pikir gue waktu itu. Intinya gue emang seneng, tapi gue kasian.

Nah, yang pas Jaejoong fanmeet inilah yang paling naas menurut gue. Semuanya udah ada. Duit, ada. Temen nganter, kebetulan juga ada. Cuma satu aja problem-nya, IZIN. Yah, minta izin ke ibu-ibu konservatif macam nyokap gue tuh kayaknya hampir nggak mungkin. Bokap pun nggak membantu karena kalo nyokap udah bilang nggak, ya nggak. Nggak ada toleransi apapun.

Alhasil deh pas hari H gue cuma bisa nge-spazz sendirian. Betapa nyeseknya pas gue baca update-an fanbase kalo Jaejoong ngajak SEMUA peserta fanmeet buat hi-5 dan foto bareng (gara-garanya waktu itu dia lagi sakit dan nggak bisa ngomong). God, kalo gitu gue nggak perlu mahal-mahal beli tiket VIP cuma buat megang tangannya. I know, this makes me sound like a crazy fangirl. But the hell I care. Foto bareng dan nyentuh tangan orang yang kita suka aja belum tentu bisa, apalagi idola--yang notabene orang luar pula. Tau rasanya orang mules pengen boker tapi nggak keluar? Emang bukan begitu rasanya, tapi yang pasti gue ngerasa sayang banget waktu itu. Mungkin gue emang belum jodoh sama Jaejoong, mungkin.

Dan MCountdown kali ini pun sukses membuat gue bimbang. 'Nonton', 'nggak', ''nonton', 'nggak'. Tiap hari cuma itu aja yang ada di kepala. Sebetulnya bukan apa-apa, cuma beberapa bulan sebelum ini, promotor yang ngedatengin SS5 kemarin udah ngasih clue dan bocoran kalo mereka juga mau ngedatengin DBSK buat Catch Me Tour bulan November nanti. Mana ada rumor kalo itu tur final (yang otomatis bakal diadain besar-besaran). Eeeh udah stres kayak gitu, adalagi admin fanbase Shinhwa yang kebetulan gue follow bilang gini:

"Realis aja, fans Shinhwa masih sedikit di Indonesia"

Kampret, makin parah aja gue galaunya. Secara nggak langsung dia bilang kalo konser Shinhwa masih tergolong mustahil kalo dilihat dari mayoritas jumlah fans-nya (tapi kalo dihitung dari antusiasme Kpopers kepo yang jumlahnya lebih banyak sih, mungkin nggak terlalu mustahil-mustahil juga ya).

Beberapa hari setelah itu, line-up artist lalu diumumkan dan tiket pun mulai dijual. Gue yang masih kesel dan nggak terima lalu mencak-mencak di twitter, sok-sok ngetweet ada yang janggal gitu. Bilang promotornya nggak kompeten lah kenapa artisnya baru di-announce padahal tiketnya udah dijual, nggak adil lah kenapa harga tiketnya kemahalan. Aslinya mah gara-gara masih butthurt dan takut nggak bisa nonton.

'Masalahnya ini Shinhwa. SHINHWA men. Grup lawas yang belum tentu bisa dateng lagi kesini.' Temen gue bilang gitu dan gue pun memikirkan hal yang sama. Hingga akhirnya gue memberanikan diri buat minta izin ke orangtua... 
Tapi...

Yap. Sesuai dugaan gue sebelumnya.

Her answer was actually the same as I thought it would be. Exactly the same it hurts. Lagi-lagi gue nggak dibolehin. Setelah gagal total dan dibikin mental breakdown, semalaman gue akhirnya cuma bisa nangis dalem kamar. Kekanakan emang. Nggak keren banget sih udah SMA masih mewek gara-gara nggak bisa nonton grup idola. Tapi kalo lu ngerasain sendiri nyeseknya, betenya, keselnya, sakitnya, semua itu nggak kalah sama orang yang bokernya nggak keluar seminggu.

Disitu gue jadi heran sama anak-anak rebel seumuran gue yang bisa bebas keluar jam malem. Kok bisa segampang itu ya? Gue yang tergolong abg kuper yang setiap satnight cuma bisa internetan di rumah otomatis iri. Gue jadi inget omongan emak gue.

"Kalo sekarang mah nggak usah yang macem-macem deh".

Padahal gue nonton konser juga bukan buat macem-macem. Abis nonton ya gue langsung pulang. I mean, mau kemana lagi? Apa nyokap pikir gue baliknya ke hotel bukan ke rumah? Atau pulang-pulang gue malah ke klub malem terus main judi? Atau mungkin dia takut gue diculik? Entah, gue nggak tau. Yang jelas gue kesel. Kenapa anak lain dibolehin sedangkan gue nggak?

Dan baru aja gue abis nge-save post ini jadi draft tadi malem. Hp yang sejak abis maghrib gue tinggal dibawah lalu gue ambil. Kebiasaan jelek gue emang kalo udah asyik sama sesuatu, gue seakan jadi nggak peduli sama kondisi sekitar. Lagipula, gue juga nggak tau kalo bakal ada yang nge-whatsapp. Dan malam itu, ternyata temen gue nge-whatsapp.

'BELLAAAAAA'
'MCD DI CANCEL KATANYAAAA'
'GIMANAAAAA'
'/Plak'
'Maap bel'

Gue hening.

Satu chat berisi capslock dari nenek temen gue itu sukses ngebuat gue menaikkan alis. Entah apa namanya, gue yang sebelumnya berniat pengen curhat di blog tentang MCountdown itu malah dapet berita kayak gini: acaranya dibatalin. Gue ngakak. Coincidence-kah? Buru-buru gue nge-search sampe nemuin berita dengan headline-nya:

'Next week's 'M!Countdown' in Indonesia canceled'

Jadi beneran nih? Biar promotornya belum confirm juga kalo udah di post di situs besar kayak gini mau nggak mau orang juga jadi percaya.

Yang pertama jadi pertanyaan, 'Kenapa? Kok bisa batal?' Padahal acaranya udah tinggal beberapa hari lagi. Well, there's nothing impossible isn't it? Tapi tetep aja gue heran. Promotor yang ngedatengin mereka (dan 15 artis lainnya) bisa dibilang bukan promotor ecek-ecek, yang bilangnya mau datengin artis konser nggak taunya duitnya malah dibawa kabur. Mereka udah pernah ngedatengin Big Bang, 2PM dan B1A4 sebelumnya. Dan menurut sumber yang gue baca, konsernya selalu berjalan mulus. Intinya mah promotor bagus lah.

Di samping itu semua sih, jujur aja, GUE SENENG.

SENENG PAKE BANGET KONSERNYA BATAL. YIHAAAAAA *nari hula*

Gue jadi masih punya kesempatan buat ketemu ahjusshi gue (AHJUSSHI GUE?) itu di lain waktu. Huhuhu, maafkan aku fans lain yang udah beli tiket :')

Yaaah, seenggaknya gue berharap yang terbaik buat promotor dan fans yang udah pada beli tiket. Semoga duitnya di refund dengan baik dan benar, semoga semuanya kelar...

Dan.. semoga aja gue dibolehin buat nonton Catch Me Tour yang katanya mau diadain bulan November nanti. Amiiiin.